Olimpiade Farmasi Indonesia (OFI) IV



Anda Mahasiswa Farmasi? Kuliah di Indonesia? Nah, jangan sia-siakan kesempatan emas ini. Universitas Andalas Padang akan mengadakan Olimpiade Farmasi Indonesia (OFI) Ke-4 yang akan dihelat pada tanggal 19-23 September 2012 dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Mahasiswa aktif minimal semester 7 
  2. Menyerahkan transkrip nilai terbaru

Bidang Lomba
Bidang lomba OFI dan materi ujinya adalah sebagai berikut:
  • Sains dan Teknologi Farmasi/Farmasetik 
  • Topik umum : Desain Produk Obat 
  • Materi:
    • Teknologi Sediaan Farmasi (formulasi sediaan solid, semi solid, dan liquid serta sediaan steril) 
    • Biofarmasetika-Farmakokinetika 
    • Stabilitas Obat 
    • Kimia Farmasi

Agenda Acara 
Agenda kegiatan OFI adalah sebagai berikut:
1.      Kegiatan Utama
Berupa kegiatan lomba babak penyisihan dan babak final
2.      Kegiatan Pendukung
Berupa kegiatan acara pembukaan dan penutupan, kegiatan persahabatan seperti jamuan makan malam, kegiatan wisata, dan kegiatan lainnya. Pada acara pembukaan dilakukan penyerahan piala bergilir dari Dekan atau Ketua Jurusan/Prodi Farmasi kepada ketua KOFI untuk diserahkan ke panitia pelaksana dan pada acara penutupan dilakukan penyerahan piala bergulir oleh Ketua KOFI kepada Tim Juara Umum.

Teknis Lomba
Lomba dilaksanakan dalam dua babak yaitu:

  1. Babak penyisihan dilaksanakan pada hari pertama. Babak ini berupa penyelesaikan soal-soal tertulis, baik pilihan ganda maupun essay. Alokasi waktu 120 menit. 
  2. Babak final dilaksanakan pada hari kedua. Berupa ujian secara lisan atau presentasi bagi lima besar. Pada tahap ini, lomba diadakan dalam tiga babak, yaitu:  
  • Babak I :    Soal penjatahan, masing-masing diberi soal dengan bobot yang sama dan jika jawaban peserta kurang sempurna, akan dilempar kepada semua peserta yang lain. Untuk jawaban yang benar nilai tertinggi 100,  sedangkan jawaban salah nilai terendah 0. 
  • Babak II :    Untuk soal rebutan, Peserta pertama yang dapat menjawab akan diberi kesempatan untuk menjawab. Soal ini tidak dilempar. Untuk jawaban benar nilai tertinggi 100, bila jawaban salah akan mendapat nilai minus 50.
  • Babak III :    Analisis kasus, sama seperti babak kedua, tapi soal yang diberikan lebih dalam bentuk analisis kasus. Jika soal yang dijawab kurang sempurna akan dilempar kepada peserta lain sampai diperoleh jawaban yang mendekati sempurna. Bila jawaban benar nilai tertinggi 100, sedangkan jawaban salah nilai terendah 0.

 
Pemenang dan Hadiah 
  1. Pemenang masing-masing kelompok atau bidang OFI adalah juara 1,2,dan 3. 
  2. Tiap pemenang akan memperoleh hadiah berupa tropi, piagam, medali dan tabanas (minimal Rp 7.500.000,- untuk juara pertama, Rp 5.000.000,- untuk juara dua, Rp 3.000.000,- untuk juara ketiga). Khusus untuk piagam ditandatangani oleh Dekan, Ketua KOFI dan Ketua Panitia Pelaksana.
  3. Bagi perguruan tinggi yang memperoleh point tertinggi berdasarkan kumulatif nilai dari dua bidang lomba (juara pertama bernilai 5, juara kedua bernilai 3, juara ketiga bernilai 1), akan diberikan tropi bergilir juara umum dari Dirjen DIKTI. Jika masih terdapat nilai yang sama, pemenang ditentukan berdasarkan jumlah peserta yang masuk final kedua babak.
Pendaftaran ditutup tanggal  1 Agustus 2012
Seleksi akan dilaksankan tanggal 2 Agustus 2012
Pengumuman peserta terpilih tanggal 3 Agustus 2012 (dipilih 2 delegasi)
Pembimbingan oleh dosen tanggal 6 Agustus 2012

!!! Untuk teman-teman FFUJ yang berminat silahkan menghubungi Hanifia (085755654289)
 Keterangan lebih lanjut mengenai OFI bisa dilihat di http://www.bemfarmasi.unand.org/

1 comment:

  1. I am really enjoying the theme/design of your site. Do you ever run into any web browser compatibility problems? A number of my blog audience have complained about my blog not operating correctly in Explorer but looks great in Safari. Do you have any recommendations to help fix this issue? netflix account

    ReplyDelete