Workshop online "pelatihan penulisan publikasi ilmiah"




Acara workshop online telah sukses diikuti oleh mahasiswa fakultas farmasi tercinta. Workshop online via video conference ini diadakan oleh HPEQ student yang merupakan jaringan sepuluh organisasi mahasiswa dari 7 program studi kesehatan Indonesia dan telah mendapat dukungan dari Dirjen Dikti Kemendikbud. Kumpulan mahasiswa dalam HPEQ student membawa misi untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa ilmu kesehatan dalam bidang pendidikan, memperkuat karakter profesi, meningkatkan interprofessional education, dan menyiapkan lulusan agar berdedikasi sesuai amanah profesi. Program-program HPEQ Student dibuat dengan tujuan mencapai misi tersebut dan pada tahun ini difokuskan pada bidang kajian, advokasi, pelatihan, publikasi, serta monitoring dan evaluasi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan tanggal 21 Juli 2012 pukul 08.00 - 15.15 WIB  yang berpusat di Dikti dan 20 pustekkom (pusat teknologi informasi dan komunikasi) yaitu di Universitas Syah Kuala, Universitas Sumatera Utara, Universitas Andalas, Universitas Sriwijaya, Universitas Jambi, Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponogoro, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Jember, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Respati Indonesia, Universitas Hasanuddin, Universitas Airlangga, Universitas Udayana, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Riau, Universitas Negeri Tanjung Pura, Universitas Yarsi, Universitas Islam Malang, Universitas Negeri Sebelas Maret, Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Sistem kepanitiaan yang dibentuk dalam acara ini adalah panitia pusat dengan Universitas Indonesia sebagai ketuanya,lalu dimasing-masing universitas ada penanggungjawab setiap fakultasnya.

Di Universitas Jember sendiri hampir tidak mengikuti acara ini karena ada beberapa halangan ,namun karena didukung oleh antusiasme mahasiswa tingkat akhir dan tentunya didukung oleh bagian kemahasiswaan fakultas farmasi,akhirnya kegiatan ini hanya diikuti oleh mahasiswa farmasi tercinta. Sedangkan mahasiswa fakultas kesehatan lainnya belum bisa berpartisipasi mengikutinya.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 35 mahasiswa farmasi beserta 3 PJ fakultas dan 2 PJ dari bagian kemahasiswaan Farmasi. Dan lokasi acara bertempat di gedung UPT TI UJ lantai 2. Mahasiswa sangat antusias sekali dalam mengikuti acara ini,karena banyak sekali informasi,pengetahuan yang tentunya sangat bermanfaat yang didapat melalui kuliah umum,diskusi interaktif,dan telaah artikel bersama.Materi yang dibahas adalah pengenalan mengenai artikel dan jenis-jenisnya,sistematika dan konten artikel ilmiah
,tata cara penulisan artikel yang baku, termasuk membuat referensi, grafik, tabel, gambar, teknik publikasi
, plagiarisme,dan lain sebagainya.  

.Hal ini tentunya sebagai acuan kedepannya bagi mahasiswa yang kini sedang berada disemester awal untuk lebih terpacu dalam menghasilkan sebuah penelitian ilmiah yang nantinya akan dapat dipublikasikan lebih luas,serta menjadikan pacuan semangat juga bagi mahasiswa yang kini sedang melakukan penelitian pada semester akhir. Namun karena keterbatasan kuota peserta,acara tersebut diutamakan diikuti oleh mahasiswa fakultas farmasi disemester 7.

Alhamdulilah selama acara koneksi internet yang dimiliki UJ lancar,tidak tersendat-sendat jadi para peserta bisa mengikutinya dan bisa memperhatikan materi dengan sangat jelas.Acaranya juga tidak monoton cuma mendengarkan materi saja, ada pretest dan post test yang harus dikerjakan oleh mahasiswa yang mengikuti untuk menguji tingkat kepahaman mahasiswa tentang materi yang diberikan.
Semoga acara ini bisa diikuti oleh Universitas Jember setiap tahunnya, karena materi yang diberikan sangat dibutuhkan sekali oleh mahasiswa khususnya dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa fakultas kesehatan terkait dengan surat keputusan dikti tentang publikasi e-journal bagi setiap mahasiswa yang lulus pendidikan S1.

No comments:

Post a Comment