Mahasiswa Farmasi Universitas Jember Aktif dalam Publikasi Ilmiah BIMFI


Berkala Ilmiah Mahasiswa Kesehatan (BIMKES) adalah sebuah portal jurnal atau berkala ilmiah yang diharapkan dapat menjadi rumah untuk artikel ilmiah dari tujuh program studi kesehatan yang ada di Indonesia yaitu pendidikan dokter, kedokteran gigi, ilmu keperawatan, kebidanan, farmasi, ilmu gizi, dan ilmu kesehatan masyarakat.
Sebagai rumah dari tujuh program studi, ada beberapa berkala ilmiah yang tergabung dalam BIMKES ini, yakni:


  • Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kedokteran Indonesia ( JIMKI  )
  • Berkala Ilmiah Mahasiswa Kedokteran Gigi Indonesia ( BIMKGI  )
  • Berkala Ilmiah Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia (BIMIKI  )
  • Berkala Ilmiah Mahasiswa Kebidanan Indonesia (BIMABI  )
  • Berkala Ilmiah Mahasiswa Farmasi Indonesia (BIMFI  )
  • Berkala Ilmiah Mahasiswa Gizi Indonesia (BIMGI  )
  • Berkala Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (BIMKMI  )
Berkala Ilmiah Mahasiswa Farmasi Indonesia (BIMFI) merupakan wadah bagi mahasiswa farmasi di seluruh Indonesia untuk mempublikasikan hasil penelitiannya terkait ilmu kefarmasian yang bergabung dengan Berkala Ilmiah Mahasiswa Kesehatan (BIMKES) dari program Health Professional Education Quality (HPEQ) Dikti. BIMFI diprakarsai oleh ISMAFARSI dibentuk atas dasar Surat Keterangan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 152/E/T/2012: Wajib Publikasi Ilmiah Bagi S1/S2/S3. Surat Keterangan tersebut menuntut adanya wadah bagi para mahasiswa kesehatan untuk menyalurkan karya tulis/artikelnya yang merupakan salah satu syarat kelulusan.
Pada 20 Juni 2013, telah terbit soft launching Berkala Ilmiah Mahasiswa Farmasi Indonesia (BIMFI  ) Volume 1 No. 2, periode Desember 2012-Mei 2013, dimana karya tulis mahasiswa Farmasi Universitas Jember atas nama Andika Dewi Ramadhani dan Nina Wijiani yang berjudul "Ovula Kaviks: Vaginal Suppositoria Kanker Serviks, Alternatif Baru Pengobatan Kanker Serviks Berbasis Nanopartikel dari Isolat Daun Sirsak" lolos dalam publikasi ilmiah BIMFI, adapun e-journal BIMFI Vol.1 No.2 dapat diakses pada link berikut:


Semoga BIMKES Vol.1 No.2 ini semakin memberi manfaat untuk seluruh mahasiswa kesehatan Indonesia.

    No comments:

    Post a Comment