POLYMER (Pharmaceutical Olympiad of Jember University)






Polymer atau Pharmaceutical Olympiad of Jember University merupakan kegiatan olimpiade farmasi se Eks-karisidenan Besuki, Lumajang, dan Probolinggo yang diselenggarakan oleh Badan Ekskutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Farmasi Universitas Jember.  Tujuan olimpiade ini adalah untuk turut berpartisipasi dalam hal meningkatkan intelektualitas bangsa khususnya bagi siswa/siswi SMA/SMK sederajad, memperkenalkan dunia kefarmasian dan mengembangkan hard skill dan soft skill siswa  Sekolah Menengah Atas atau sederajad.


Tahun ini merupakan tahun pertama diadakannya olimpiade farmasi oleh fakultas Farmasi Universitas Jember. Kegiatan olimpiade yang bertemakan Brand New and Breakthrough of Jember University ini sukses dilaksanakan pada hari Minggu, 1 September 2013 bertempat di fakultas Farmasi Universitas Jember. Acara ini diikuti oleh 135 perserta yang tergabung dalam 45 tim.
Olimpiade ini terbagi menjadi tiga babak. Pertama babak penyisihan dimana peserta diberi soal sebanyak seratus, sepuluh soal diantaranya adalah pengetahuan tentang dasar-dasar farmasi dan sisanya merupakan pengetahuan IPA tingkat SMA. Dari babak ini didapat sepuluh peserta terbaik yang akan melaju ke babak selanjutnya untuk memperebutkan posisi lima besar di babak final. Pada babak final, SMA Negeri 1 Jember berhasil menjadi juara pertama di olimpiade ini, sedangkan untuk juara 2 adalah SMA 1 Situbondo dan juara 3 SMA 4 Jember. Untuk para pemenang mendapatkan piala dekanat + sertifikat, sedangkan juara 1, 2 dan 3 selain mendapatkan piala juga mendapatkan uang tunai. Juara 1 mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 1.250.000, juara 2 Rp. 750.000 dan juara 3 Rp. 500.000. Juri dari olimpiade ini adalah dosen dari fakultas Farmasi Universitas Jember, yaitu ibu Evi Umayah Ulfa dan ibu Yuni Retnaningtyas.

Para juara beserta Dekan, Pembantu Dekan I dan Pembantu Dekan II Fakultas Farmasi

Menurut ketua panitia acara Polymer 2013, Yora Utami, suksesnya acara ini tidak lepas dari kendala-kendala yang ada, seperti terbatasnya korelasi dengan Sekolah Menengah Atas atau sederajad karena ini merupakan acara olimpiade pertama bagi fakultas Farmasi Universitas Jember. “Tapi kendala tersebut dapat diatasi dengan baik berkat kerjasama panitia pelaksana sehingga Alhamdulilah mampu menarik peserta dari setiap daerah di Eks-karisedenan Besuki, Lumajang, dan Probolinggo”, tambah Yora. Yora juga menambahkan baha sebenarnya olimpiade ini ingin dilaksanakan se-Jawa Timur, namun karena terbatasnya waktu promosi, acara ini dilaksanakan se-ekskarisidenan Besuki, Lumajang, dan Probolinggo saja. Suksesnya acara ini memberi gebrakan baru bagi fakultas Farmasi Unversitas Jember untuk lebih melebarkan sayapnya di tingkat Jawa Timur atau bahkan tingkat nasional di tahun depan

No comments:

Post a Comment