MUNAS XV ISMAFARSI, DARI ISMAFARSI BERSINAR MENUJU ISMAFARSI LUAR BIASA


Setelah mengadakan PRAMUNAS XV di Universitas Brawijaya, Malang pada tanggal 28 Januari-2 Februari 2014 lalu, ISMAFARSI mempunyai satu event nasional terakhir di kepengurusan 2012-2014 ini yaitu Musyawarah Nasional (MUNAS) ke-XV. Tuan rumah MUNAS  adalah Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta. Event MUNAS yang diselenggarakan selama delapan hari ini bertempat di Villa Taman Eden 2, Kaliurang, Yogyakarta.


            Acara dimulai pada Sabtu malam, 21 Juni 2014 yang dibuka dengan acara Welcome Party. Welcome party ini dihadiri oleh seluruh delegasi MUNAS yang sudah datang dari berbagai daerah di Indonesia. Diawali dengan pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan hiburan-hiburan yang disajikan oleh sang tuan rumah mulai dari tarian, grup band, dan drama. Penampilan dari tiap wilayah ISMAFARSI juga menjadi pembukaan yang menghangatkan suasana dan menambah rasa kekeluargaan di ISMAFARSI.
                                    
Hari kedua pelaksanaan diisi dengan acara Seminar Nasional Kesehatan dan Kefarmasian dengan tema “Evaluasi Semester Pertama Sistem Jaminan Kesehatan Nasional Sebagai Acuan Grand Design Sosok Farmasis Masa Depan“. Seminar nasional ini diisi oleh pemateri yang sudah ahli dalam bidangnya, yaitu Wakil Menteri Kesehatan RI, Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, MSc., Ph.D.; Kepala Departemen Manajemen Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan Divisi Regional VI, dr. Veronica Margo Susilowati, M.Kes., AAK.; Sekjend PP IAI, Noffendri Roestam, S.Si., Apt.; dan Ketua APTFI, Prof. Dr. Elly Wahyudin DEA, Apt. Setelah selesai acara Seminar nasional, diumumkan 3 finalis dari lomba poster ilmiah dan essay kesehatan dimana kegiatan ini merupakan serangkaian kegiatan MUNAS, yaitu National Education Fair (NEF) 2014. Juara pertama lomba essay adalah Ridho Muhammad Sakti dari UI, juara kedua diperoleh Hindun Wilda Risni dari ITB, dan Rizka Syafaatul Udzma dari STIKES Ngudi Waluyo sebagai juara ketiga.
            Sepulang dari Seminar Nasional, para peserta MUNAS V ISMAFARSI kembali ke penginapan. Acara dilanjutkan dengan sidang tata tertib yang dimulai pada pukul 19.30. Sidang dipimpin oleh tiga presidium sidang semantara dari BPH ISMAFARSI, yaitu Fachril Thohari, Wimzy Rizqy Prabhata, dan Dian Permata Sari.
            Di hari ketiga, Senin, 23 Juni 2014 sidang dimulai dengan pemilihan presidium sidang yang baru. Terpilihlah Galih Cipto Mahendra - UTB, Hikmawati - UNPAD, Dirga Triseptya - UIN Alaudin Makassar. Agenda sidang selanjutnya adalah pemaparan LPJ oleh Sekretaris Jenderal ISMAFARSI periode 2012-2014, Jeffri Efranda. LPJ yang dibahas mulai dari staf ahli Kesekretariatan, Keuangan & Bisnis, Kaderisasi, Internal, Eksternal, Jarkomindat, Sospengmas, Pendidikan dan Keprofesian, Keilmiahan, dan terakhir staf ahli Student Exchange Officer. Selanjutnya dibacakan juga LPJ Koordinator wilayah ISMAFARSI periode 2012 – 2014. Setelah LPJ selesai dibahas, setiap anggota ISMAFARSI yang hadir diberi kesempatan untuk memberikan pandangan terhadap kinerja Sekjend. Secara keseluruhan Anggota ISMAFARSI memberikan apresiasi yang tinggi untuk kepengurusan Sekjend ISMAFARSI periode 2012 – 2014.
            Hari keempat MUNAS, sidang dimulai pukul 09.00 WIB. Pada pagi itu dilaksanakan diskusi mengenai hasil badan pengkaji masa kepengurusan ISMAFARSI yang dibentuk saat PRAMUNAS XV di Universitas Brawijaya, bulan Januari lalu. Tidak ada titik temu saat diskusi ini. Akhirnya diputuskan untuk mengadakan Forum Ketua LEM yang dihadiri 39 ketua LEM / yang mewakili dari 39 anggota ISMAFARSI yang hadir. Selama Forum Ketua LEM berlangsung, di gedung yang sama diadakan pula pembahasan tentang Program HPEQ dan Isu mengenai LAM-PTKES & UKN. Forum Ketua LEM menghasilkan keputusan bahwa kepengurusan ISMAFARSI adalah tetap 2 tahun dan akan dibuat MoU yang ditandatangai ketua LEM/perwakilannya yang mengikuti forum tersebut, sehingga masalah ini tidak akan dibahas lagi di PRAMUNAS selanjutnya. Sore hari dilanjutkan dengan agenda Pembacaan Laporan Masa Bakti Kepengurusan ISMAFARSI BERSINAR (2012 - 2014) oleh BP ISMAFARSI. Dan malam harinya, sidang ditutup dengan keputusan bahwa LPJ Sekjend ISMAFARSI Periode 2012 - 2014 DITERIMA.
Gambar 2. Penyampaian Pendapat oleh salah satu peserta MUNAS
            Hari kelima pelaksanaan, 25 Juni 2014 sidang dimulai kembali dengan agenda Penyampaian Visi, Misi dan Platform Calon Sekjend ISMAFARSI 2014 – 2016. Adapun Calon Sekjend itu adalah Ahmad Fatih Jauhari (Unair), Herrianto Pandapotan (UII), Ridho Muhammad Sakti (UI), Muhammad Ghazali Muin (UIT), dan Citra Utami (Unhas). Selanjutnya dilakukan eksplorasi oleh panelis dan sesi tanya jawab singkat seputar dunia kefarmasian, eksplorasi calon sekjend dengan menggunakan Bahasa Inggris dan terakhir eksplorasi terbuka calon Sekjend ISMAFARSI periode 2012-2014 yang berakhir pada kamis, 6 Juni pukul 01.30 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan eksplorasi calon Badan Pengawas ISMAFARSI oleh panelis dan eksplorasi terbuka para calon BP. Para calon BP ini yaitu Sabda Wahab (UIT), Eriza Nur Aq Liny (Unlam), Hanina Liddini Hanifa (ITB), dan Adnan Al Thoriq (Unsoed). Eksplorasi BP berakhir sekitar pukul 05.30 WIB.
            Kunjungan ke Laboratorium Farmasi UII dilaksanakan pada hari keenam event MUNAS ini. Kemudian dilanjutkan kunjungan budaya ke Keraton Jogjakarta. Siang hari setelah makan siang, peserta diajak menuju KM 0 Yogyakarta untuk mengikuti Aksi Teaktrikal Hari Anti Narkoba Sedunia. Deklarasi anti narkoba ini diikuti oleh ISMAFARSI, GRANAT (Gerakan Nasional Anti Narkoba), dan Teater Kelapa Farmasi UII dengan tema “Tolak Legalisasi Ganja”.

Gambar 3. Aksi Teatrikal Hari Anti Narkoba  Sedunia
Peserta MUNAS kembali ke penginapan pukul 18.30 WIB. Pukul 22.00 diadakan pemilihan Sekjend  dan BP ISMAFARSI 2014-2016 yang sebelumnya para calon Sekjend dan BP  memberikan orasi singkat terakhir sebelum pemilihan. Pemilihan dilakukan dengan voting yang diikuti 39 anggota ISMAFARSI yang hadir. Hasil perhitungan pemilihan Sekjend ISMAFARSI 2012 - 2014 : Ahmad Fatih Jauhari - 3 suara, Herrianto Pandapotan - 1 suara, Ridho Muhammad Sakti - 26, Muhammad Ghazali Muin - 0 suara, dan Citra Utami - 8 suara. Maka dapat dipastikan Ridho M. Sakti dari UI sebagai Sekjend terpilih ISMAFARSI 2014 – 2016. Sedangkan Hasil perhitungan suara calon BP : Sabda - 7 suara, Hanina - 18 suara, Eriza - 8 suara, Adnan – 7 suara. Dengan ini BP yang telah terpilih Yaitu Hanina dari ITB dan Eriza dari Unlam. Dan akan di laksanakan putaran kedua utk memilih 1 BP lagi. Hasil putaran kedua pemilihan BP dimenangkan oleh Sabda dari UIT.  Setelah pemilihan selesai, dilakukan sumpah jabatan Sekjend dan BP terpilih ISMAFARSI 2014 – 2016. Dilanjutkan pelepasan Jabatan SA ISMAFARSI periode 2012 - 2014 &  serah terima jabatan Sekjend dan BP ISMAFARSI 2014 – 2016


Gambar 4. Pemilihan Sekjen ISMAFARSI 2014-2016

Gambar 5. Sumph Jabatan Sekjen ISMAFARSI 2014-2016 : Muhammad Ridho
Hari ketujuh diisi dengan Perjalanan wisata Candi Borobudur sampai sore hari. Dan pada malam harinya, peserta MUNAS mengikuti Farewell Party sebagai upacara penutupan MUNAS XV ISMAFARSI di Villa Eden 2, Kaliurang, Yogyakarta dan ISMAFARSI AWARD 2014. Adapun pemenangnya ISMAFARSI AWARD 201 : Most Favorite Pharmacy Student jatuh kepada Deani Agprikani - Institut Teknologi Bandung; Most Favorite Pharmacy Lecturer jatuh kepada Prof.Dr. Sukardiman, Msi., Apt - Universitas Airlangga; Most Inspirational Pharmacy Student jatuh kepada Tengku Nur Indah - Universitas Ahmad Dahlan; Most Inspirational Student Executive Board jatuh kepada - BEM KEMAFAR Universitas Padjajaran; Most Favorite Student Executive Board jatuh kepada BEMF Farmasi Universitas Sanata Darma; Best Pharmacy Lecturer jatuh kepada Prof. Dr. Yahdiana Harahap, M.si, Apt; Best Pharmacy Student jatuh kepada Rina Nur Azizah Universitas Padjajaran; Best Student Executive Board jatuh kepada BEM Fakultas Farmasi Universitas Indonesia. Dan acara terakhir, penyerahan kenang-kenangan kepada peserta MUNAS.

Dengan berakhirnya rangkaian kegiatan MUNAS, maka para peserta MUNAS mulai kembali ke daerah asal mereka masing-masing. Harapannya, semoga delegasi dari masing - masing BEM / LEM / HIMA dpt menginfokan hasil Munas ini di masing - masing institusinya.
Mari wujudkan ISMAFARSI LUAR BIASA! Viva La Pharmacy!

No comments:

Post a Comment