MUSYAWARAH WILAYAH IKATAN SENAT MAHASISWA FARMASI INDONESIA (ISMAFARSI) JATIM – BALI PERIODE 2012 – 2014


Musyawarah wilayah Ismafarsi merupakan agenda wilayah yang dilaksanakan oleh seluruh anggota ISMAFARSI untuk pemilihan Koordinator Wilayah (selanjutnya disebut korwil) yang baru dan pemaparan Laporan Pertanggungjawaban oleh korwil lama di akhir kepengurusan mereka. Muswil ini diadakan setiap 2 tahun sekali, sebelum Musyawarah Nasional (munas) digelar. Muswil Ismafarsi Jatim – Bali periode 2012 – 2014 ini dilaksanakan di eDotel Denpasar, oleh tuan rumah, Universitas Udayana pada tanggal 16 – 18 Mei 2014.

Pada hari pertama, diisi malam keakraban delegasi dimana masing – masing komisariat menampilkan persembahan seni mereka. Kesempatan ini dilakukan agar para delegasi berkenalan satu dengan yang lain sehingga pada hari – hari mendatang, mereka bias lebih akrab dan dekat. Acara ini dilanjutkan dengan diskusi kefarmasian, yang membahas masalah – masalah dalam wilayah, diikuti oleh seluruh delegasi muswil beserta para BPH (Badan Pengurus Harian).
Hari kedua, dilanjutkan dengan agenda pemaparan LPJ oleh korwil lama yakni Zwageri Argo Pitoyo (Universitas Brawijaya) mewakili para staff ahlinya. Pada pemaparan LPJ ini, korwil melaporkan seberapa persen berhasil atau pun gagalnya program kerja (proker) yang dilaksanakan oleh masing – masing staff ahli wilayah selama kepengurusan mereka. Inti dari pemaparan LPJ ini, secara garis besar, keseluruhan proker telah lolos target namun ada beberapa proker yang kurang dari standar bahkan tidak berjalan sama sekali. Satu – satunya kendala dari hal tersebut hanyalah komunikasi yang kurang baik antara staff ahli dan komisariat yang bersangkutan. Pada pemaparan LPJ ini juga dibahas mengenai Institut Ilmu Kesehatan Kediri, yang telah lama tidak mengikuti even ISMAFARSI. Pihak ISMAFARSI telah melakukan berbagai upaya, seperti mendatangi institute tersebut langsung, menghadap dekanat mereka, namun usaha tersebut memang tidak membuahkan hasil karena yang menjadi penyebab mereka tidak lagi turut dalam kegiatan ismafarsi adalah kurangnya dukungan dari dekanat. Bisa diambil kesimpulan, dari sinilah mungkin prosentase keberhasilan dari program kerja itu sendiri belum 100%. Pemaparan LPJ dari korwil ini dapat diterima oleh forum
Penyampaian LPJ oleh Korwil ISMAFARS Jatim-Bali periode 2012-2014
Acara hari ini dilanjutkan dengan kegiatan pemilihan coordinator wilayah baru. Pada tahun ini ada 4 cakorwil yakni Neni H (Universitas Muhammadiyah Malang), Mardiyatul Afifah (Universitas Jember), Aris Setiyo ( Universitas Airlangga) dan Rifaldi Saputra (Universitas Surabaya). Kegiatan ini diawali dengan orasi dari masing – masing cakorwil, dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab bebas dari forum, Tanya jawab dari BPH, debat cakorwil hingga pemaparan kegiatan sehari – hari yang dilakukan cakorwil oleh perwakilan dari komisariatnya. Pemilihan kali ini sedikit “alot” karena terkesan bahwa masing – masing komisariat mempertahankan calonnya sendiri – sendiri. Pemilihan dimulai dengan musyawarah, dilanjutkan dengan lobbying, karena suara masih kuat, dilakukanlah voting. Hingga akhirnya terkumpul suara untuk Aris Setiyo 4, Mardiyatul Afifah 2, Neni H 1 RIfaldi Saputra 0 suara.  Dengan demikian, telah terpilih coordinator wilayah ismafarsi jatimbali periode 2014 – 2016 yakni Aris Setiyo dari Universitas Airlangga. Acara ini dilanjutkan dengan sumpah jabatan, serah terima jabatan serta penyerahan Jas Koordinator Wilayah.
Proses Tanya jawab calon korwil dan BPH
Hari ketiga dilanjutkan dengan acara Kampanye Informasi Obat (KIO) oleh seluruh delegasi di Lapangan Puputan, Alun – alun Denpasar, Bali. KIO kali ini memiliki tema yakni vitamin dan kegunaannya. Acara KIO ini dilanjutkan dengan post tour dan diakhiri dengan kepulangan delegasi. Demikianlah serangkaian acara musyawarah wilayah ismafarsi jatimbali 2014. Semoga ISMAFARSI kita terus Berjaya. Viva la Pharmacie !



Peserta Muswil ISMAFARSI Jatim-Bali

No comments:

Post a Comment