World No Tobacco Day 2015


WORLD NO TOBACCO DAY !!
Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia yang diperingati pada tanggal 31 Mei setiap tahunnya, merupakan momentum bagi upaya penyadaran masyarakat akan bahayanya produk tembakau dalam bentuk rokok.
Rokok adalah campuran tembakau dengan kandungan zat yaitu nikotin dan TAR yang dapat menimbulkan bahaya bagi tubuh maupun bagi lingkungan. Bahaya bagi tubuh yaitu bisa mengakibatkan kamker, paru-paru dan gangguan pada janin. Sedangkan bahaya bagi lingkungan dapat menimbulkan polusi udara yang ditimbulkan dari asap rokok yang dihisap.
Merokok merupakan salah satu faktor dari lima penyebab kematian di Indonesia. Merokok dapat membahayakan hampir semua organ tubuh dan akan menimbulkan berbagai penyakit yang tentunya dapat memengaruhi kesehatan perokok aktif atau perokok pasif.
Perokok pasif tidak kalah berbahayanya dibandingkan dengan perokok aktif karena mereka menghirup aliran samping yang berasal dari ujung rokok yang terbakar dan aliran utama asap rokok yang telah dihisap oleh perokok kemudian dihembuskan kambali ke udara. Kandungan asap rokok yang tersebar ke udara sangatlah berbahaya. Sungguh mengerikan !! Menghirup asap rokok orang lain (alias menjadi perokok pasif) lebih berbahaya tiga kali lipat dibandingkan mengisap rokok sendiri (perokok aktif). Mengapa ? Karena racun rokok terbesar dihasilkan oleh asap yang mengepul dari ujung rokok yang sedang tak dihisap.
Kamu harus tah apa saja kandungan dalam rokok ? dan mengapa rokok berbahaya ?
-          Rokok mengandung zat zat kimia berbahaya yang bisa menyebabkan penyakit kanker
-          Karbon monoksida yang membuat darah mudah mengendap dan dinding pembuluh darah kaku dan rapuh
-          Nikotin dapat  merusak jaringan syaraf dan membuat ketagihan merokok
-          Timah hitam merupakan racun dala tubuh kita
-          Tar dapat memicu kanker paru-paru
Bagaimana Cara Rokok Merusak Tubuh?
·         Nikotin mencapai otak dalam 10 detik setelah rokok dihisap, lalu menyebar ke seluruh bagian tubuh melalui sirkulasi darah, termasuk pada Air Susu Ibu.
·         Karbon monoksida dari asap rokok mengikat hemoglobin dalam sel darah merah, menurunkan fungsinya dalam menyalurkan oksigen secara penuh.
·         Unsur-unsur penyebab kanker (karsinogen) pada tembakau merusak gen-gen penting yang mengendalikan pertumbuhan sel, sehingga sel-sel tumbuh tidak normal atau berkembang terlau cepat.
·         Unsur karsinogen yang bernama benzopiren mengikat sel-sel di saluran nafas dan organ penting lain dari perokok sehingga menyebabkan kanker.


Matikan rokok anda sekarang !! sebelum mematikan anda dan orang disekitar anda !!

No comments:

Post a Comment