Hari Bumi UKM Pring Kuning

    Dalam memperingati Hari Bumi kali ini , UKM Pring Kuning tidak hanya melakukan 1 kegiatan aja , tapi 3 kegiatan sekaligus yaitu Pembibitan , Biopori dan sebagai penutup adalah Penanaman pada tanggal 31 Mei 2015 , Pring Kuning yang selanjutnya disebut PK , mengadakan kegiatan Penanaman ini di sebuah tempat yang berlokasi di Kecamatan Arjasa . Kegiatan penanaman ini dihadiri oleh 32 anggota PK dengan menanam 60 bibit diantaranya bibit Trembesi , Asam , dan buah-buahan.

     
    Sebelum ke tempat penanaman , semua panitia berkumpul di Fakultas terlebih dahulu . Kemudian pada pukul 06.30 , kita berangkat bersama-sama menuju TKP (Tempat Kejadian Penanaman loh ya bukan TKP tempat bunuh2an itu) . Perjalanan dengan motor ditempuh kurang lebih 30 menit . Sayangnya , tempat TKP tidak bisa langsung dilalui dengan motor , karena itu motor harus dititipkan di rumah warga . Setelah itu kita berjalan menuju tempat TKP  sambil membawa alat-alat serta pupuk dan tentunya 60 bibit tersebut. Nah , walaupun jalan yang dilalui cukup terjal  dan berbatu, kita dapat melaluinya dengan aman kok , karena kita semua udah pake sandal safety / sepatu , selain itu kita cukup semangat karena sepanjang perjalanan kita disuguhi pemandangan yang Subhanallah sekali . Emejing

     Tempat Kejadian Penanaman (TKP)nya  sendiri ditempuh kurang lebih 50 menit dengan berjalan kaki, karena tempat penanaman kita berada di sekitar Sekolah Dasar tepatnya SDN Darsono 04 sampai disana kita disambut adik-adik kecil berseragam olahraga. Walaupun itu hari minggu , adek-adek tetep dateng ke sekolah , katanya mereka pengen bantu kakak-kakaknya ini buat penanaman . Salut :D
          
  Sampai disana , panitia ,yang sekaligus merangkap peserta, ini dibagi menjadi 4 kelompok . Tiap kelompoknya dikasih jatah buat menanam 15 bibit . Proses penanaman dimulai dengan cangkul-mencangkul , karena keterbatasan jumlah kaum adam , akhirnya kami para kaum hawa juga ikut nyangkul . Gak usah ditanya kaum hawa di PK setrong   semua kok . Setelah tingkat kedalaman tanah yang diminta sesuai *alah* , bibit ditanam , ditaburi pupuk , ditutup dengan tanah lagi dan disiram dengan air .Tak lupa disamping tanaman dikasih patok buat penyangga juga untuk penanda tanaman tersebut . Kegiatan penanaman ini lebih cepat 1 jam dari yang diperkirakan . Karena kita semua gak ada yang leyeh-leyeh dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini serta berkat beberapa warga yang ikut membantu .
   
    Selesai menanam , agenda selanjutnya adalah ishoma alias mengisi perut alias mamam (Re: makan) .Agenda ishoma / makan-makan ini gak cuma anggota PK loh , tapi juga ada kak Tsabit Barki , Bapak Menteri Eksternal kita yang udah nyempetin hadir dan bantu kegiatan penanaman ini, juga adek-adek SDN Darsono 04 .Nah , seperti biasa cara makannya juga cara PK dong dengan posisi duduk mendayung – bingung + pengen tahu seperti apa cara makan PK kan , yuk sering-sering ikut kegiatan PK atau bisa gabung di Diklatsar PK mendatang - Walaupun lauknya sederhana , tapi kebersamaan yang bikin rasanya kaya Bintang Lima.
       
    Setelah ishoma , ramah tamah selesai . Pukul 11.00 para panitia meninggalkan lokasi Penanaman . Nah , tentunya kegiatan penanaman ini tidak serta merta menanam bibit begitu saja . Tapi kita juga akan mengontrol perkembangan bibit tersebut hingga bisa hidup dan benar-benar mandiri .Oleh karena itu , mari anggap bumi adalah bagian dari kita , jangan sampai menunggu hingga pohon terakhir telah ditebang dan mata air berhenti mengalir baru kita sadar bahwa uang tidak dapat diminum dan dimakan
Salam Lestari !!!

No comments:

Post a Comment