Tapak JMKI 2015

           “Bertanya-tanya, (semua bertanya..)
Kami siapa, (kami siapa)”
 Siapa ya? Inilah salah satu yel-yel dari Fakultas Farmasi Universitas Jember yang bergema pada acara tapak JMKI 2 Mei kemarin. Tapak JMKI merupakan agenda tahunan JMKI yang diperuntukkan Maba dari fakultas kesehatan guna meningkatkan pengetahuan dan kompetensi mahasiswa dalam bidang kesehatan. Tapak JMKI juga  merupakan ajang unjuk gigi tiap fakultas yang tidak lain bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan dari angkatan pada fakultas itu sendiri maupun menjalin persaudaraan antar fakultas satu dengan lainnya.
            Bertempat di lapangan FKG Unej, tapak JMKI sempat mengalami pengunduran jadwal dikarenakan upacara hari pendidikan nasional pagi harinya berlangsung seru dan meriah. Meski baru dimulai sekitar pukul satu siang, masing-masing fakultas dengan semangat berapi-berapi berlomba-lomba menonjolkan diri baik dari segi kostum yang dibuat seheboh dan semenarik mungkin dengan mengacu pada warna yang telah ditentukan, kekompakan dalam menyanyikan yel-yel, maupun ketangkasan dalam perlombaan yang diikuti para delegasi. Fakultas/prodi yang turut berpartisipasi dalam event ini antara lain FF-UJ, FK-UJ, FKG-UJ, FKM-UJ, PSIK-UJ, Stikes Muhammadiyah Jember, dan Polije.
            Datang sesuai alur yang ditentukan, para delegasi maupun supporter mengikuti rangkaian dengan tertib, meski ada satu fakultas yang terlambat. Tujuh fakultas/prodi tersebut bersaing ketat dalam perlombaan dari awal hingga akhir. Perlombaan tersebut tidak lain adalah lomba yang telah disosialisasikan melalui TM yakni; memasukkan serbuk ke dalam kapsul, membuat tampon, stikki note, memakai handscoon, estafet cotton palet, mencari kata dalam tepung. Secara garis besar, perlombaan tersebut memang merupakan cerminan dari berbagai bidang kesehatan. Meski persaingan semakin panas dan seru, ditambah sorakan dan evoria supporter yang menyemangati delegasi, rasa saling menghargai dan menghormati tetap terjaga. Bahkan, semakin lama rasa kebersamaan terasa semakin kental.

            Menjelang akhir acara, pengumuman pemenang diwarnai suasana tegang. Setelah melalui berbagai tahap penilaian sesuai kriteria juri, alhasil FKM-UJ muncul sebagai juara disusul FK, FKG, PSIK, kemudian FF-UJ. Hasil keputusan diterima dengan suka cita, semua kompak bernyanyi dan tertawa bersama. Menutup hari dengan indahnya kebersamaan dalam satu keluarga demi menyongsong masa depan yang cerah sebagai calon tenaga kesehatan Indonesia.


No comments:

Post a Comment