Polymer (Pharmaceutical Competition of Jember University)


Polymer (Pharmaceutical Competition of Jember University) adalah kompetisi kefarmasian yang diadakan untuk siswa/i SMA/MA sederajat yang diadakan oleh BEM Fakultas Farmasi Universitas Jember. Polymer 2015 kali ini adalah tingkat Jatim-Bali yang diadakan di 5 Rayon yaitu Jember,Malang,Surabaya,Kediri,dan Bali. Dengan sistem pendaftaran online,Polymer 2015 mendapatkan 108 tim yang merata dari semua rayon,dimana 1 tim terdiri dari 3 orang.

Penyisihan diadakan di masing-masing rayon dan dilaksanakan serentak pada tanggal 9 Agustus 2015 . Rayon Surabaya bertempat di SMAN 7 Surabaya,Rayon Malang di SMAN 1 Malang,Rayon Kediri di SMAN 7 Kediri,Rayon Bali di SMAK Harapan Denpasar dan Rayon Jember di Fakultas Farmasi Universitas Jember.Dari hasil babak penyisihan diambil 5 tim per rayon untuk maju ke babak semifinal,jumlah semifinalis adalah 25 tim.



Babak semifinal diadakan di Fakultas Farmasi Universitas Jember , untuk mengenalkan Fakultas Farmasi pada para semifinalis khususnya yang berasal dari luar Jember.Semifinal diadakan pada Hari Minggu tanggal 23 Agustus 2015 . Sistem lomba pada semifinal adalah mengelilingi lab yang ada di Fakultas Farmasi , Lab yang disediakan adalah Lab Biologi,Lab Kimia,Lab Farmasetika dan Lab FKK(Farmasi Klinik dan Komunitas). Di setiap lab , peserta diberikan soal dalam bentuk analisis misalnya di lab biologi peserta diberi soal tentang analisis tumbuhan,di lab kimia peserta diberi soal tentang titrasi,di lab fkk peserta diberi soal tentang anatomi hewan,dan di lab farmasetika peserta diberi soal tentang menebak sediaan obat.
Setelah babak semifinal , didapatkan 5 kelompok yang masuk ke Babak Final yaitu Tim dari SMAN 5 Malang , SMK Farmasi Bintang Persada Denpasar , SMAN 4 Denpasar , SMAN 5 Surabaya , dan SMAN 1 Bangil. Pada Babak Final 5 Tim diberikan soal lisan , dimana soal tersebut langsung berasal dari dosen Fakultas Farmasi Universitas Jember . Dan akhirnya setelah melewati 3 babak dalam babak final didapatkan hasil sebagai berikut :
Juara 1 dari SMAN 1 Bangil dan mendapatkan trophy beserta uang tunai Rp.2.500.000
Juara 2 dari SMAN 5 Surabaya dan mendapatkan trophy beserta uang tunai Rp.1.500.000
Juara 3 dari SMK Farmasi Bintang Persada Denpasar dan mendapatkan trophy beserta uang tunai Rp.1000.000
Juara Harapan 1 dari SMAN 4 Denpasar dan mendapatkan trophy beserta uang tunai Rp.600.000
Juara Harapan 2 dari SMAN 5 Malang dan mendapatkan trophy beserta uang tunai Rp.400.000

Hadiah diberikan langsung oleh Dekan Fakultas Farmasi Universitas Jember ,Presiden BEM Universitas Jember , dan Ketua Panitia Polymer kepada pemenang.Ibu dekan berharap para pemenang dapat terus berprestasi  dan bisa lebih mengenal dunia kefarmasian setelah diadakannya lomba polymer ini.POLYMER 2015? Amazing Scientist for Amazing Future!

No comments:

Post a Comment