PENGIRIMAN DELEGASI LIT DAN RAKORWIL ISMAFARSI JAWA TIMUR – BALI 2015

Menjelang berakhirnya kepengurusan ISMAFARSI periode 2014-2016 pada Maret mendatang, ISMAFARSI memulai melakukan agenda-agenda guna melakukan evaluasi dan persiapan sebelum mulai dijalankannya periode kepengurusan mendatang. ISMAFARSI wilayah Jatim-Bali juga telah melaksanakan kegiatan serupa yaitu kegiatan LiT dan Rakorwil ISMAFARSI Jawa Tmur – Bali 2015. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, 21-22 November 2015 ini bertempat di Bali dimana komisariat Universitas Udayana menjadi tuan rumah kali ini. Kegiatan LiT pada dasarnya bertujuan untuk membina dan mempersiapkan kader-kader ISMAFARSI yang akan mengikuti LK Nasional atau menjadi pengurus ISMAFARSI nantinya. Oleh karena itu, kegiatan ini diikuti oleh delegasi dari berbagai komisariat dimana komisariat Universitas Jember sendiri mengirimkan tiga delegasi untuk LiT yang terdiri dari dua kader dari LKMMF II ISMAFARSI Jatim-Bali dan satu orang dari angkatan 2015. Sedangkan untuk kegiatan Rakorwil yang bertujuan melaporkan progress report dari masing-masing LEM dan koordinasi pengurus ISMAFARSI wilayah Jatim-Bali dengan pengurus masing-masing LEM, komisariat Universitas Jember mengirimkan tiga delegasi yang semuanya merupakan anggota BEM yang terdiri dari angkatan 2012, angkatan 2013, dan angkatan 2014.
Hari pertama kegiatan LiT dan RAKORWIL dimulai dengan pembukaan resmi oleh Dekan Fakultas MIPA Universitas Udayana di Aula 1 Hotel Batukaru. Setelah pembukaan, acara pun dimulai. Masing-masing delegasi mengikuti agenda acara sesuai dengan kegiatan acara yang diikuti. Kegiatan LiT dilaksanakan di Aula 2 Hotel Batukaru diawali dengan  materi I tentang analisis kefarmasian yang dilanjutkan dengan materi II tentang analisis kondisi ke-Ismafarsian kemudian jeda Ishoma. Setelah itu, dilanjutkan dengan materi III tentang analisis kondisi realitas kebangsaan yang disambung dengan SGD tentang UKAI dan MEA setelah jeda Isho. Selama kegiatan LiT dilaksanakan, kegiatan rakorwil dilaksanakan di Aula 1 Hotel Batukaru diawali dengan pemaparan progress report oleh SA wilayah yang menyangkut pembahasan butu putih kaderisasi oleh SA kaderisasi dan sosialisai lambang ISMAFARSI oleh SA internal, dilanjutkan dengan pemaparan proker dan kegiatan masing-masing komisariat yang berkaitan dengan ISMAFARSI. Diskusi berlanjut dengan bahasan evaluasi terhadap ISMAFARSI selama masa kepengurusan periode ini, dilanjutkan dengan tanggapan dari korwil dan para SA. Diskusi berlangsung hingga pukul 18.20 WITA dengan bahasan tentang komitmen, kesepakatan dan langkah yang akan diambil untuk menyelesaikan masalah yang ada di dalam ISMAFARSI. Diskusi berakhir dengan ditutupnya diskusi oleh korwil. Acara dilanjutkan dengan ISHOMA dan persiapan peserta LiT dan Rakorwil untuk kegiatan Malam Keakraban. Malam keakraban berlangsung pada pukul 20.00 diawali dengan menyanyikan lagu yang dibimbing panitia, kemudian penampilan para peserta yang sebelumnya telah dibagi menjadi empat kelompok untuk peserta rakorwil, penampilan delegasi LiT, penampilan panitia, dan penampilan BPH ISMAFARSI Jatim-Bali. Setelah makrab usai, peserta menuju kamar masing-masing untuk beristirahat pada pukul 22.30 WITA.
Hari kedua LiT dan Rakorwil, Minggu, 22 November 2015, peserta Rakorwil mengawali kegiatan dengan Technical Meeting mengenai KIO yang akan dilaksanakan, kemudian berangkat menuju Monumen Bajrasandi menggunakan bis pada pukul 07.00. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok yang masing-masing beranggotakan tiga orang dari universitas yang berbeda. Para peserta dibekali satu buah polibag, 10 buah vitamin C, dan 15 lembar brosur DAGUSIBU. Polibag digunakan untuk menampung sampah pengunjung taman untuk ditukar dengan vitamin dan brosur serta mendapatkan KIO dari peserta Rakorwil. Bagi peserta LiT, kegiatan outbond dilakukan pukul 07.00 di area Hotel Batukaru. Setelah delegasi rakorwil kembali ke hotel, semua peserta berkemas dan bersiap untuk melakukan wisata ke pantai Nusa Dua sebelum akhirnya pulang.
Begitu banyak kegiatan yang menambah pengalaman serta ilmu bagi delegasi. Dengan adanya delegasi dari Universitas Jember ini diharapkan nantinya Komisariat Universitas Jember dapat terus berkontribusi pada setiap kegiatan ISMAFARSI khususnya dapat menjadi pengurus ISMAFARSI wilayah maupun nasional. Diharapkan pula semoga pengurus ISMAFARSI yang baru ini nantinya dapat membawa ISMAFARSI menjadi lebih bermanfaat lagi baik untuk mahasiswa farmasi itu sendiri, mahasiswa profesi kesehatan lain, maupun masyarakat luas.
  


Dokumentasi Kegiatan LiT dan RAKORWIL ISMAFARSI Jawa Timur-Bali 2015

Penyambutan para delegasi

 Pembukaan LiT dan Rapat Koordinasi Wilayah ISMAFARSI Jawa Timur – Bali 2015















                                      RAKORWIL ISMAFARSI Jawa Timur – Bali 2015

Simulasi SGD Leader in Training


Outond peserta Leader in Training

KIO (Konseling Informasi Obat)


Delegasi LiT dan RAKORWIL ISMAFARSI JAWA TIMUR – BALI 2015






No comments:

Post a Comment