PEKAN ASI SEDUNIA 2016


ASI sebagai makanan bayi terbaik ciptaan Tuhan tidak dapat tergantikan dengan makanan dan minuman yang lain. Setiap minggu pertama bulan Agustus dijadikan sebagai “Pekan ASI Sedunia”, dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran semua pihak tentang pentingnya ASI bagi bayi.
Tema peringatan Pekan ASI Sedunia (PAS) 2016 adalah “Breastfeeding A Key to Sustainable Development” dengan tema nasional “Ibu menyusui sampai 2 (dua) tahun lebih hemat, anak sehat dan cerdas; dalam rangka mewujudkan keluarga sejahtera”.
Dengan adanya Pekan ASI Sedunia masyarakat dapat mengetahui dan mendukung manfaat menyusui anak hingga umur 2 tahun agar anak menjadi sehat dan cerdas sert mensosialisasikan pola menyusui dan pemberian maan yang tepat pada bayi dan anak.
Adapun keuntungan ASI untuk bayi adalah :
  • ·         ASI mengandung antibodi dalam jumlah besar dari tubuh seorang ibu. Hal ini membuat bayi lebih kuat dan terhindar dari beragam penyakit seperti asma, pneumonia, diare, infeksi telinga, dan alergi.
  • ·         Hormon yang terdapat dalam ASI dapat membantu menenangkan  kolik atau bayi yang sedang tumbuh gigi dan membantu membuat bayi tertidur setelah makan.
  • ·         Menyusui membantu perkembangan otak. Bayi yang diberi ASI rata-rata memiliki IQ 6 poin lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang diberi susu formula.

No comments:

Post a Comment