Pharmaceutical Competition Of Jember University 2017

Puji Syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa kegiatan Polymer 2017 (Pharmaceutical Competition Of Jember University ) dapat berjalan sesuai dengan rencana, berkat kerjasama dan kesadaran seluruh panitia Polymer 2017. Kegiatan yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Jember dan bekerja sama dengan seluruh mahasiswa angkatan 2016 ini dibagi menjadi dua tipe lomba. Tipe pertama yaitu lomba kompetisi kefarmasian tingkat SMA/SMK sederajat se Jawa – Bali yang terdiri dari 3 siswa dalam 1 tim dan tipe kedua yaitu Kompetisi Essay tingkat mahasiswa S1/D3  individu atau tim ( 1 tim maksimal 2 orang).
Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 06 Agustus 2017 untuk Babak penyisihan Kompetisi Farmasi, dan batas pengumpulan Essay kefarmasian. Serta hari Minggu, 20 Agustus 2017 dilaksanakan babak semifinal dan final bagi peserta Kompetisi Farmasi dan babak final bagi peserta Essai kefarmasian. Kegiatan ini diikuti oleh  1.711 peserta Kompetisi Farmasi yang terbagi menjadi 559 tim dan 34 peserta Essai Kefarmasian.
Hari penyisihan yang dilaksanakan pada hari Minggu, 6 Agustus 2017 berlangsung di delapan rayon yang tersebar di bebrapa kota yakni rayon Jember, Surabaya, Kediri, Malang, Madiun, Madura, Yogyakarta  dan Bali.



Kegiatan penyisihan ini berjalan dengan lancar. Acara yang selanjutnya berlangsung perkenalan fakultas farmasi serta Universitas Jember.

Sedangkan untuk lomba essay kefarmasian pada tanggal 6 agustus 2017 merupakan batas dimana peserta mengumpulkan hasil karya tulis mereka. Kemudian pada hari minggu tanggal 14 agustus 2017 diumumkan 10 hasil essay terbaik yang akan dipresentasikan di Fakultas Farmasi Universitas pada tanggal 20 agustus 2017 bersamaan dengan semifinal dan final  Kompetisi Farmasi.
Pada Hari ke-2 yakni hari minggu, 20 agustus 2017 dilaksanakan kegiatan Semifinal dan Final Kompetisi Farmasi dan Final Essay Kefarmasian. Kegiatan semifinal merupakan lanjutan dari babak penyisihan. Ada 30 tim yang akan di seleksi lagi untuk babak final. Kegiatan ini dimulai dengan registrasi peserta yang dilakukan di depan gedung farmasetika. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan, pertama pembukaan diisi dengan penampilan tari Labaco yakni tari pembukaan asli Jember kemudian laporan oleh ketua panitia Polymer, sambutan oleh Ketua BEMF Farmasi dan yang terakhir sambutan oleh Bu Endah Puspitasari, S.Farm.,M.Sc., Apt selaku Wakil Dekan bagian kemahasiswaan dan alumni Fakultas Farmasi Universitas Jember. 
Kemudian acara berikutnya adalah  babak semifinal untuk peserta Kompetisi Farmasi yakni berupa Tour Lab. Pada kegiatan ini peserta dibagi menjadi 4 kelompok dan disediakan 4 Lab. laboratorium biologi, kimia, biomedik, dan Farmasi Klinik dan Komunitas (FKK) dimana di tiap laboratorium, peserta diberi soal yang memiliki ciri khas dari tiap laboratorium tersebut. 



Sementara itu pada waktu yang sama peserta essay kefarmasian mempresentasikan essay terbaik mereka didepan juri di ruangan kuliah 4. Finalis mempresentasikan essaynya kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab oleh juri.

Kemudian acara game dan hiburan penampilan akustik oleh para panitia. Sementara itu panitia Kompetisi Kefarmasian mempersiapkan dan menghitung poin dari masing-masing tim untuk diambil 5 terbaik untuk final sedangkan panitia Essay kefarmasian menunggu keputusan juri untuk menentukan pemenang essay. 5 tim yang lolos kompetisi kefarmasian kembali beradu kemampuan dalam babak final dimana mekanisme dari babak ini adalah siapa yang mampu menjawab dengan benar dan paling cepat. Pada babak ini para peserta benar-benar saling beradu dan sangat terlihat jiwa kompetitif mereka. Kemudian pengumuman pemenang lomba kompetisi farmasi dan essay kefarmasian sekaligus pemberian hadiah dan dilanjutkan dengan penutupan dan dokumentasi. Dari acara Olimpiade Kefarmasian dan Lomba Essai " POLYMER " 2017 tentunya menghasilkan juara.
Juara Olimpiade Kefarmasian yaitu :
Juara 1 di raih oleh tim dari SMKF Bintang Persada
Juara 2 di raih oleh tim dari SMAN 2 Lumajang, dan
Juara 3 di raih oleh tim dari SMAN 1 Kedungwaru
Selanjutnya Juara Lomba Essai yaitu :
Juara 1 diraih oleh Meida Cahyaning P dari UNEJ,
Juara 2 diraih oleh Jehan Vahlepy dari UGM dan
Juara 3 diraih oleh Yunita Nur Laili dan team UNAIR

.
.

Selamat atas para juara dan sampai jumpa dalam POLYMER tahun depan J

No comments:

Post a Comment