Pharmaceutical Counceling Community (PCC) 2017

PCC atau bisa dijabarkan Pharmaceutical Counceling Community yang merupakan salah satu program kerja dari ISMAFARSI dan di jalankan atau dilaksanakan melalui Departemen Pendidikan Profesi dan Keilmiahan (DIPROIL) dari BEMF Farmasi,PCC ini merupakan salah satu komunitas kegiatan yang pasti akan dilakukan oleh seorang farmasis/apoteker yaitu pemberian konseling terhadap pasien. Pemberian konseling pada pasien itu meliputi pemberitahuan tentang informasi yang terkandung pada obat yang meliputi komposisi obat,efek samping dari obat serta yang paling penting cara penggunaan obat. Kegiatan PCC ini dilaksanakan melalui 4 tahapan acara yaitu seminar informasi tentang pemberian konseling pada pasien dilanjutkan pemecahan kasus pada kegiatan kedua maupun ketiga dan yang terakhir simulasi pemberian konseling pada pasien,berikut penjelasan singkat dari acaranya :
1.       Seminar Pemberian Konseling Pada Pasien
Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 23 Mei 2017 dengan pemateri dari dosen yang berkompeten di bidang Farmasi Kilinis dan Komunitas yaitu Ika Norcahyanti S.Farm.,M.Sc.,Apt dan Antonius Nugraha Widhi Pratama, S.Farm.,M.P.H.,Apt. Kegiatan tahap pertama ini dihadiri kurang lebih 20 peserta dari ke – 3 angkatan yaitu 2014,2015 dan 2016 yang antusias mempelajari pemberian konseling pada pasien.
2.       Simlasi Pemcehan Kasus serta dasar Konseling Pada Pasien (1)
Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan September dengan pemateri Ika Norcahyanti S.Farm.,M.Sc.,Apt,pelaksanaan ini dilakukan dengan pembagian kelompok dan masing masing kelompok diberi kasus tentang penyakit pasien yang komplikasi. Pada tahap pertama konseling ini merupakan penjajakan dimana seorang farmasis/apoteker harus mengetahui tentang pemberian obat terhadap pasien komlikasi. Kegiatan kedua dari pcc ini berlangsung tegang dan seru karena sebagian besar peserta berfokus terhadap pencarian obat yang cocok untuk menyembuhkan pasien.
3.       Simulasi Pemecahan Kasus serta Dasar Konseling Pada Pasien (2)
Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan September tepat 2 minggu setelah acara pertama PCC dengan pemateri yang sama yaitu Ika Norcahyanti S.Farm.,M.Sc.,Apt. Pada kegiata ini pasien mulai mempragakan simulasi kegiatan konseling pada pasien,pada bagian simulasi ini banyak kejadian yang mengundang tawa dikarenakan banyak peserta yang masih kaku serta banyak kejadian tak terduga yg mengundang tawa.
4.       Simulasi Pemecahan Kasus serta Dasar Konseling Pada Pasien (3)
Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan yang sama yaitu September tepatnya tanggal 25 dengan pemateri Antonius Nugraha Widhi Pratama, S.Farm.,M.P.H.,Apt. Pada penutupan kegiatan ini banyak peserta yang merasa sedih karena kegiatan ini dirasa sangat diperlukan untuk mereka namun mereka tetap antusias untuk menyongsong program PCC ini pada tahun depan.

                Seperti yang dijelaskan diatas,Kegiatan PCC ini berlangsung sangat baik dan terasa antusiasme dari peserta yang ingin kegiatan bermanfaat ini diadakan lagi.

documentary :










- K O M I N F O -

No comments:

Post a Comment