TTS OBAT


            Selamat datang di kunci jawaban TEKA TEKI SILANG penggunaan obat . Dalam ulasan dibawah ini kami akan menjelaskan bagaimana langkah – langkah yang benar mulai dari membeli obat hingga cara membuangnya . Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kesalahan dalam penggunaan obat . Check this out !!

   1)      TERIMA
            Untuk mendapatkan obat yang terjamin kualitas serta keamanannya , belilah obat di apotek sekitar kita. Dalam pembelian obat perlu di perhatikan penggolongan obat . Obat bebas adalah obat yang dapat di beli tanpa menggunakan resep , obat bebas terbatas adalah obat yang dapat di beli dengan atau tanpa resep , dan obat keras yang hanya dapat dibeli dengan menggunakan resep . Selain itu terdapat pula obat golongan narkotika dan psikotropika yang harus menggunakan resep ketika membelinya .
   2)      PASTIKAN
            Setelah mendapat obat di apotek , tanyalah kepada apoteker tentang khasiat obat , cara pemakaian , serta efek samping yang mungkin timbul . Hal ini di lakukan untuk mencegah terjadi salah obat serta ketika terjadi suatu efek samping dari obat kita dapat melukakan penanganan yang tepat.
   3)      TELITI
            Sebelum meninggalkan apotek teliti kembali kemasan serta tanggal kadaluarsa obat yang kita dapatkan . jangan diterima ketika kemasan obat yang kita terima rusak , karena rusaknya kemasan dapat mempengaruhi stabilitas dari suatu obat serta mempercepat masa kadaluarsa obat .
   4)      PAKAI
            Pakai obat sesuai dengan petunjuk pemakaian yang tertera pada kemasan atau sesuai dengan apa yang telah dijelaskan oleh apoteker . Perhatikan rute pemberian apakah obat digunakan dengan cara diminum , di oleskan atau secara per rectal . Penggunaan antibiotik harus diminum sampai habis , hal ini dilakukan untuk menghindari resistensi bakteri .
   5)      SIMPAN
            Dalam menyimpan obat , untuk menjaga agar obat tidak rusak perlu dilakukan dengan benar . Kebanyakan obat harus terhindar dari paparan langsung sinar matahari , serta harus di simpan di tempat yang kering dan tertutup serta jauh dari jangkauan anak – anak .
   6)      HILANGKAN
            Buang obat ketika obat sudah rusak atau kadaluarsa . Ciri utama obat yang rusak adalah telah terjadi perubahan warna , bau , dan rasa . Dalam pemusnahan obat harus dilakukan dengan benar . Untuk obat antibiotic dibuang beserta kemasan dengan melepas labelnya , untuk obat tablet atau kapsul ditumbuk kemudian dicampur tanah dan masukkan wadah lalu dibuang.

No comments:

Post a Comment